You are here: HomePariwisataIBI Indramayu Gelar seminar Mortalitas Ibu dan Bayi

IBI Indramayu Gelar seminar Mortalitas Ibu dan Bayi

Published in Tekno
Written by  21 September 2023

media-sindo.com - Indramayu Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (PC IBI) dari Kabupaten Indramayu berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan kapasitas kualitas pelayanan dan kontribusinya terhadap masyarakat. Komitmen ini sesuai dengan visi Kabupaten Indramayu Bermartabat.

PC IBI Kabupaten Indramayu baru-baru ini mengadakan Seminar Kebidanan yang diikuti oleh ratusan ibu hamil. Acara ini diselenggarakan di salah satu aula hotel di Kabupaten Indramayu.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting termasuk Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu, dr. Wawan Ridwan, dan Ketua PC IBI Kabupaten Indramayu, Bidan Tasiroh, serta Sub Koordinator Kesehatan Ibu dan Bayi Dinkes Kabupaten Indramayu, Slamet Riyadi, yang juga menjadi salah satu pembicara dalam seminar.

Bidan Tasiroh, Ketua PC IBI Kabupaten Indramayu, mengungkapkan bahwa seminar ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun IBI yang ke-72.

Tujuan utama seminar ini adalah untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan ibu hamil, serta mendorong mereka untuk mengevaluasi kesehatan dan perkembangan kehamilan mereka sejak dini. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu meredam tingginya angka kematian ibu dan bayi, khususnya di Kabupaten Indramayu.

Selain itu, seminar ini juga menawarkan layanan USG, serta pemberian susu dan tablet tambah darah secara gratis. Langkah-langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya yang berkelanjutan untuk merendahkan angka stunting dalam komunitas ini. Bidan memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan dan penurunan angka stunting, yang juga menjadi tema sentral dalam seminar ini.

Slamet Riyadi menekankan beberapa risiko tinggi yang bisa terjadi pada kehamilan, termasuk Kekurangan Energi Kronis (KEK). KEK dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti anemia pada ibu, risiko bayi lahir prematur, dan pertumbuhan janin yang terhambat.

Dalam rangka mengatasi risiko seperti ini, ibu hamil disarankan untuk menjaga konsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan dan kesejukan makanan yang dikonsumsi dan melakukan pemeriksaan rutin kesehatan seksual dan reproduktif.

Kepala Dinkes Kabupaten Indramayu, dr. Wawan Ridwan, mengapresiasi penyelenggaraan seminar ini dan menyoroti kebutuhan adanya pemeriksaan kesehatan rutin serta proses USG untuk memonitor pertumbuhan dan perkembangan bayi selama hamil. Selain itu, diharapkan penekanan pada asupan gizi memadai dan makanan bergizi seimbang dapat membantu mencegah anak yang lahir mengalami stunting.

Pemerintah Kabupaten Indramayu berkomitmen untuk memastikan fasilitas kesehatan masyarakat yang optimal dalam penanggulangan stunting, demi mewujudkan Indramayu Zero Stunting. Ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan generasi mendatang lahir sehat dan kuat, dan siap untuk memajukan Kabupaten Indramayu.

“Kami menyerukan agar ibu-ibu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin di puskesmas dan melakukan USG minimal 2x selama masa kehamilan. Dengan ini, kita dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi sejak dini," tutup dr. Wawan Ridwan.Toto

stop illegal logging

Berita Terpopuler

Temu Kangen Seniman Sunda

Temu Kangen Seniman Sunda

16 September 2020

Sukabumi media-ssindo.comPara sen...

SONI: OPEN TRIP MENYAPA JOGJA, SUKSES.

SONI: OPEN TRIP MENYAPA JOGJA, SUKSES.

22 September 2020

Yogyakarta, media-sindo.comCovid-...

ATLET HOKI  SUKABUMI SUMBANG MENDALI UNTUK JABAR

ATLET HOKI SUKABUMI SUMBANG MENDALI UNTUK JABAR

20 October 2021

Sukabumi, media-sindo.com - Wald...

Aspek Indonesia Adukan Lima Pejabat Pemprov DKI Ke Anies

Aspek Indonesia Adukan Lima Pejabat Pemprov DKI Ke Anies

24 July 2020

Jakarta, Media-sindo.comAsosiasi ...

RSPBL  latih  Ojol Basic Pertolongan Gawat Darurat

RSPBL latih Ojol Basic Pertolongan Gawat Darurat

22 October 2022

media-sindo.com INDRAMAYU Rumah ...

Ady Setiawan Resmi Jadi Ketum Askab PSSI Indramayu

Ady Setiawan Resmi Jadi Ketum Askab PSSI Indramayu

29 May 2022

Media-sindo.com –INDRAM...

LPOI Gelar Refleksi Akhir Tahun 2022

LPOI Gelar Refleksi Akhir Tahun 2022

31 December 2022

Jakarta, media-sindo.com. - Sebaga...

save earth