You are here: HomePolitik & HukumStrategi Dog Whistle dimainkan karena Gerbong Kosong..

Strategi Dog Whistle dimainkan karena Gerbong Kosong..

Published in Politik & Hukum
Written by  24 October 2018

Jakarta medi-sindo.com
Akibat adanyanya pembakaran bendera bertuliskan 2 kalimat syahadat membuat beberapa politisi memandang ini merupakan taktik dan strategi sebagai bagian dari stategi kampanye. Hal ini bisa dimaklumi karena memang suasana saad ini adalah musim kampanye baik pileg maupun pilpres. Sehingga apapun kejadian yang menimbulkan kerugian maupum ke untungan bagi calon pemilik suara, akan dianggap sebagai kasus politik.
Banyak orang yang ngamuk saat kelompok si Besar membakar bendera kalimat tauhid.. Masa iya si Besar dan anak buahnya tidak bisa baca kalimat Tauhid di bendera..padahal sudah nglotok yang namanya tulisan Arab..jadi gampang kebaca kalau mereka memang sengaja membuat kesalahan..
Maksud dan tujuannya apa ??? simple..untuk mengirim pesan konsolidasi khususnya ke seluruh simpatisan dan anggota kelompoknya, yang sering disebut kaum sarungan.. Mengapa pesan ini harus dikirim? karena kaum sarungan memang punya pilihan masing masing tentang calon Pemimpin mendatang..
Bahkan jelas banget cenderung memilih oposisi walau elitnya bergabung ke toko sebelah..karena kaum sarungan sejatinya mengetahui bahwa rezim ini telah gagal. Gagal menepati janji penyejahteraan rakyat ditandai dengan kondisi ekonomi yang makin memburuk, mata uang rupiah merosot tajam bahkan masih terus bisa merosot lebih jauh lagi , harga harga kebutuhan rakyat naik , lapangan kerja makin menyempit. Padahal sebagian besar subsidi sudah dihapus.. Sejatinya kaum sarungan itu meraskan susah banget dibawah rezim sekarang tapi tidak berani omong saja..
Elite kelompok si Besar yang mendukung rezim ketakutan kalau gerbongnya nanti akan kosong di 2019 Makanya mereka sengaja buat taktik kesalahan dengan membakar bendera kalimat Tauhid supaya diserang kelompok di luar groupnya.. bila kelompok di luar group menyerang maka diharapkan akan muncul rasa kebersamaan e’tat de corps kaum sarungan yang tersebar di seluruh negeri. Menurut pengakuan salah satu elitnya , massa sarungan kira kira berjumlah 100 juta orang..lebih dari separuh pemilih tetap dalam DPT KPU
Pesan ini jelas sekali bermaksud konsolidasi intern, mengajak seluruh kaum sarungan kembali bersatu sambil mengarahkan tuduhan ke kelompok yang dianggap islam radikal. Ujungnya akan mengatakan oposisi didukung kelompok Islam radikal.. Inilah yang dinamakan Dog Whistle Politic
Dog whistle politics ini sebenarnya taktik propaganda atau komunikasi politik yang aslinya disebut multivocal communication.
Komunikasi multivokal adalah strategi komunikasi menggunakan pesan yang memiliki makna tertentu bagi kelompok yang disasar (ingroup) dan tidak dipahami oleh kelopok lainnya (outgroup).
Bagi politisi, komunikasi multivokal disampaikan untuk mengkonsolidasikan kelompok pendukungnya dalam suatu komunikasi terbuka untuk pesan-pesan yang dilarang aturan atau sekedar agar tidak membuat kelompok lawan waspada.
Ini sama halnya ketika kemarin si bos mengucapkan alfatekah untuk membaca alfatihah atau alkamdulilah untuk alfatihah.. padahal logat ini banyak diucapkan oleh suku tertentu di daerah tertentu .. dimana suku dimaksud adalah pemilih terbesar dalam pemilu..ketika si bos diserang maka akan menimbulkan antipati di sisi pemilih terbesar terhadap kelompok para penyerang dan akan berada di sisi si bos, ga peduli si bos ini salah atau bener. makanya bisa dilihat tidak ada tokoh oposisi yang berani mengkoreksinya..karena tau jebakan ini..... jelas ???
Maka itu jangan terjebak dengan taktik propaganda ini.. tetep lembut seperti kapas untuk mementahkan taktik ini.. Sekali lagi tetep konsisten lakukan Strategi Gerbong Kosong. (sumber WA yang dikirim Ke Kami dr Wa L. Eddy)

stop illegal logging

Berita Terpopuler

Danau samba, alternatif berlibur warga Kabupaten Bekasi.

Danau samba, alternatif berlibur warga Kabupaten Bekasi.

02 July 2017

Sinar Indonesia: Sukatani,Masyara...

"BKPRMI Dumai Himbau Kampus Waspadai Gerakan LGBT"

"BKPRMI Dumai Himbau Kampus Waspadai Gerakan LGBT"

08 March 2016

Dumai - Kelompok lesbian, biseksual...

Deklarasi Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN)

02 April 2016

Jakarta, sinar Indonesia Generasi ...

"Pelabuhan Induk Masyarakat Titi Akar Rusak Parah, PT. SRL Buang Badan"

"Pelabuhan Induk Masyarakat Titi Akar Rusak Parah, PT. SRL Buang Badan"

08 March 2016

Rupat Utara - Situasi kondisi pelab...

Rute Pelarian Menuju Korea Selatan

Rute Pelarian Menuju Korea Selatan

21 February 2016

Pada 2006, Seong-ho Ji -lelaki 31 ...

2016, Perusahaan E-Commerce Finansial Bidik 30 Juta Pelanggan

2016, Perusahaan E-Commerce Finansial Bidik 30 Juta Pelanggan

21 February 2016

Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaa...

PJI Riau, Ikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Nasional"

PJI Riau, Ikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Nasional"

08 March 2016

BOGOR - Dalam rangka peningkatan pe...

Polisi AS Kembali Tembak Remaja Kulit Hitam

Polisi AS Kembali Tembak Remaja Kulit Hitam

21 February 2016

Polisi St. Louis, Amerika Serikat, ...

save earth