You are here: HomeNasionalPendidikanBasynursyah
Basynursyah

Basynursyah

Friday, 27 January 2023 08:50

BKD Indramayu Sertipikatkan 8 Bidang Tanah

mesia–sindo.com -

 

INDRAMAYU Dalam rangka mewujudkan Program Unggulan Bupati Indramayu, Nina Agustina, yakni Lacak Aset Daerah (La-Da), Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu langsung tancap gas di awal tahun. Hasilnya delapan bidang tanah milik Pemkab Indramayu berhasil disertipikatkan.

Menurut Kepala BKD, Woni Dwinanto, melalui Kepala Bidang Barang Milik Daerah, Maulana Malik, proses sertipikat tanah milik Pemkab Indramayu itu berkat motivasi dan arahan dari Bupati Nina. Lewat program La-Da yang dirilis Bupati, pihaknya memiliki arahan kerja yang jelas.

Malik menjelaskan bidang tanah yang berhasil dibuatkan sertipikat kali ini, tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Sukra, Indramayu, Karangampel, Sukagumiwang, dan Balongan. Yang paling luas ada di Desa Tambak, Kecamatan Indramayu.

“Delapan bidang tanah itu terdiri dari lima tanah darat dan tiga tanah empang. Total keseluruhan bidang tanah tersebut berjumlah 70.998 meter persegi, dengan nilai total mencapai Rp6.244.312.681,” jelas Kabid Malik.

Jika melihat catatan sebelumnya, hingga awal tahun ini BKD sudah membuat 539 sertipikat untuk bidang tanah milik Pemkab Indramayu.

Sejumlah 173 bidang tanah telah dikerjakan pada tahun 2022, dan kini diawali dari delapan bidang tanah.
Malik juga meminta dukungan semua pihak, agar BKD di tahun ini bisa membuat sertipikat seluruh bidang tanah milik Pemkab Indramayu. Ia juga berharap nantinya tidak ada persinggungan dengan masalah hukum.

“Minta doanya saja, sebab perkiraan jumlah sertipikat bidang tanah milik Pemkab bakal bertambah seiring pengukuran dan penyusunan berkas ke Badan Pertanahan Nasional (BPN),” pungkas Malik.

Sementara itu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Indramayu juga ikut melakukan pendampingan secara hukum dalam proses sertipikat tanah Pemkab Indramayu. Hal ini untuk menghindari adanya potensi pelanggaran hukum terkait proses pelacakan aset itu.

“Pendampingan hukum merupakan tugas kami, selain itu juga mendukung target salah satu program unggulan Bupati Indramayu, yakni Lacak Aset Daerah,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri, Aji Prasetya, S.H.*Toto

Wednesday, 25 January 2023 14:27

Wakil ketua DPRD M. Nuh Ke SMPN 1 Sukakarya

 

Media sindo.com.sukakarya

Sarana dan prasaran Untuk meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan adanya pasilitas gedung dan sarana olah raga yang memadai, untuk itu Mohamad Nuh selaku wakil ketua DPRD Kabupaten Bekasi mengunjungi SMPN 1 Sukakarya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi. ( Selasa, 24 - 01 - 2023 )kemaren

Kepada awak media Mohamad Nuh selaku wakil ketua DPRD Kabupaten Bekasi mengatakan, pemerintah kabupaten Bekasi dan dinas terkait diharapkan memperhatikan ruang kelas yang dikategorikan rusak berat sehingga membuat tidak nyaman dalam proses kegiatan belajar memgajar, tentu saja buat catetan pemerintah kabupaten Bekasi mana yang harus dibuktikan sarana pendidikan yang baik dan layak, karena anak didik jangan sampai dendam terhadap pemerintah kabupaten Bekasi kerena merekalah yang akan menjadi generasi penerus dipemerintah kabupaten Bekasi. Ungkapnya"

Dian Anggraini selaku Kepsek SMPN 1 Sukakarya dengan kedatangan wakil ketua DPRD kabupaten Bekasi berharap " ada perubahan secara berkala secara perioritas lapangan sarana olah raga supaya anak - anak kondusif belajarnya aman dan nyaman.
" Kelas nya sudah ada yang baru tetapi mebilernya blom ada. Ungkapnya.

Friday, 20 January 2023 06:36

2 Ranmor Dibekuk Tim Resmob Polres Serang

"SERANG, Media Sindo.Com -

Dua pelaku pencurian motor parkiran digulung Tim Reserse Mobile (Resmob) Polres Serang. Satu pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah karena melakukan perlawanan saat petugas melakukan pengembangan.

Tersangka ORS (21) warga Dusun III, Desa dan Kecamatan Jabung, Lampung Timur, tersungkur setelah betis kanan terkena timah panas. Sedangkan rekanannya DN (22) lebih memilih kooperatif tidak melakukan perlawanan.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria menjelaskan penangkapan 2 pelaku curanmor spesialis pencurian motor parkiran ini merupakan tindaklanjut dari laporan warga Kampung Kelutuk, Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

"Korban melaporkan telah kehilangan motor Honda Beat A 5997 EJ di parkiran tempat PlayStation di Kampung Kebon Jaya, Desa Kendayakan, pada Rabu (18/01/2023) lalu," ungkap Kapolres didampingi Kasatreskrim AKP Dedi Mirza kepada Poskota, Kamis (19/01/2023).kemaren

 ?Tim Resmob yang dipimpin Ipda Ahmad Rifai diterjunkan untuk melakukan penyelidikan. Tidak butuh waktu lama, kurang dari 4 jam Tim Resmob berhasil meringkus kedua pelaku di sekitar SPBU Parung," Kota Serang.kata kapolres

"Kejadian pencurian sekitar pukul 09.30, kedua pelaku berhasil ditangkap sekitar pukul 14.00 di sekitar SPBU Parung. Tersangka berikut motor hasil curian segera diamankan ke Mapolres Serang untuk dilakukan pemeriksaan," kata Yudha Satria.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Kapolres, kedua pelaku mengaku baru 2 hari datang di Kabupaten dan Kota Serang namun sudah 3 kali melakukan aksi pencurian motor di wilayah Kabupaten Serang dan Kota Serang.

"Kedua pelaku ini baru 2 hari berkenala tidak menentu di Kabupaten dan Kota Serang. Selama itu keduanya menginap di mushala atau masjid," terang Kapolres."
Dari pengakuan tersebut,Tim Resmob kemudian mengembangkan untuk mendapatkan barang bukti lainya ,namun dalam pengembangan itu ,tersangka ORS berusah melarikan. Diri setelah melakukan perlawanan .Tim Resmob yang tak mau buruanya lepas segera melakukan pengejaran sambil memberikan tembakan peringatan. Karena tidak digubris,tersangka terpaksa di lakukan tindakan tegas. "
Tutur Kapolres

Dari kedua pelaku berhasil di temukan. 3 unit Motor Honda Beat serta 3 anak mata kunci
Leter T dan 2 gagang kunci leter T .akibat perbuatan nya, keduanya. Di jerat. Pasal 363 KUHP dengan. Ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara "* ( peri & imi)

Media Sindo com.bekasi.

Untuk menghindari kecelakaan di malam hari seperti begal jalanan yang beraksinya pada malam hari. Ruas jalan raya sukawang butuh lampu penerangan jalan. ruas jalan raya itu meliputi dua desa.di antaranya desa sukawangi dan desa sukakerta kecamatan sukawangi kabupaten bekasi

Hasil pantauan media Sindo.com saat melintasi di ruas jalan itu pada malam hari. mulai dari kampung galian.sampai kantor kecamatan sukawangi.gelap tidak ada lampu penerang jalan.di duga pemerintah kabupaten Bekasi tidak tanggap.

Menurut keterangan Rahmat asal warga garon cangkring.saat di temui media sindo.com. di warung kopi usai pulang jemput anaknya yang pulang kerja.dirinya mengharapkan ruas jalan raya yang menuju kampung galain dapat di pasangin lampu penerang jalan.

kami melihat ada beberapa lampu saja yang menyala.kurang lebih ada lima yang menyala. mulai memasuki arah kecamatan.selanjutnya gelap.padahal di ruas jalan raya itu sering terjadi kecelakaan pembegalan sejenis motor.ungkap Rahmat

Lanjut rahmat kami mengharapkan kepada pemerintah kabupaten Bekasi di tahun 2023.ini.agar memantau banyaknya jalan raya yang belum tersentuh dengan lampu penerangan jalan umum.karerna lampu penerangan jalan sangat perlu

Romain selaku ketua BPD desa sukawang.saat dihubungi via wa.membenarkan tentang lampu penerangan jalan.sebetulnya pada tahun 2019.kami bersama pemerintah desa sukawangi sudah mengajukan.namu di tahun 2020 tak kunjung juga.dan kemaren awal tahun 2023 pada saat musrembang desa.terkait lampu penerangan jalan itu.sudah di ajukan kembali.bahkan menjadi prioritas bangungkap ketua BPD .Karta wijaya

media-sindo.com

-INDRAMAYU Mengawali tahun 2023, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan melakukan pemeliharan skala kecil terhadap salah satu flare dan pemeliharan salah satu unit kilang, tepatnya pada unit Naphta Processing Unit (NPU) yang bertujuan untuk menjaga menjaga kehandalan dan performa operasional kilang.

Pada kegiatan pemeliharaan unit NPU dan flare ini, Pertamina RU VI Balongan melibatkan 4 perusahaan kontraktor dengan serapan pekerja sekitar 150 orang. Unit NPU atau yang dikenal sebagai Kilang Langit Biru Balongan (KLBB) sendiri merupakan unit yang mengolah bahan baku Naphta menjadi Gasoline dengan angka oktan tinggi.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli mengatakan, proses pelaksanaan pemeliharaan dijadwalkan berlangsung mulai 10-27 Januari 2023, dengan perincian 10-17 Januari 2023 merupakan waktu untuk preparasi crane, kemudian 18-21 Januari 2023 merupakan waktu mechanical days, dan 21-27 Januari 2023 merupakan proses menjalankan kembali (Start Up) unit NPU.

Zulkifli menjelaskan, selama pelaksanaan kegiatan ada kemungkinan api flare atau pembakaran gas buangan akan berbeda dari biasanya disertai dengan suara gemuruh yang lebih besar. Namun demikian, kata Zulkifli, seluruh proses kegiatan pemeliharaan dilakukan dengan prosedur baku yang aman dan mendapat pengawasan safety yang sangat ketat oleh fungsi Health, Safety, Security, and Environment (HSSE)

“Insyaallah semuanya dalam pengawasan HSSE untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami harap masyarakat tidak merasa khawatir”, Ungkap Zulkifli.

Zulkifli menerangkan pekerjaan pemeliharaan unit NPU ini merupakan pekerjaan yang rutin dilakukan. Selain pemeliharaan terhadap unit NPU, setiap tahun Kilang Pertamina Balongan juga melakukan pemeliharaan pada unit lain, seperti melakukan penggantian Katalis pada Unit ARHDM maupun Unit Propylene Olefins Complek (POC), dan melakukan pekerjaan maintenance lainnya. Sementara, pemeliharaan skala besar atau Turn Around biasa dilakukan setiap 5 tahun sekali.

Selama proses pengerjaan, seluruh pekerja juga diwajibkan untuk melakukan pekerjaan dengan mengutamakan aspek keselamatan dan kesehatan kerja agar terhindar dari insiden dan fatality.

“Seluruh pekerja wajib menggunakan dengan APD yang lengkap sesuai dengan jenis pekerjaannya dan selalu memulai pekerjaan dengan melakukan cek kesehatan serta harus mengikuti peraturan memasuki kilang dengan benar”, tutup Zulkifli.*Toto

media-sindo.com-

INDRAMAYU Rotasi jabatan atau tour of duty di lingkungan kepolisian merupakan hal yang biasa. Beragam tujuan menyertainya, seperti penyegaran maupun promosi jabatan. Begitupun dengan respon masayarakat yang ditempatinya.
Kepolisian Resor Indramayu, pekan lalu resmi memiliki Kapolres baru, yakni AKBP Dr. M Fahri Siregar yang merupakan mantan Kapolres Kota Cirebon. Ia menggantikan AKBP M LUkman Syarif yang kini menempati posisi baru di Mabes Polri.

Perpindahan keduanya sebetulnya sudah tersiar sejak Desember tahun kemarin lewat surat telegram rahasia (STR) dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan Nomor: ST/2777/XII/KEP./2022. Keduanya dipindahtugaskan bersama dengan 144 kapolres lainnya.

Tentu respon masyarakat beragam. Salah satu yang merespon pergantian tersebut adalah sesama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yakni Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, Syaefudin. Dalam kanal YouTube resmi DPRD Indramayu, Sayefudin mengucapkan selamat atas jabatan baru AKBP Lukman di Mabes Polri.

“Selamat kepada AKBP M Lukman Syarif atas jabatannya sebagai Kasubaggtihorkam Bagyanhak Rowatpers SSDM Mabes Polri,” ungkap pria yang akrab disapa Kang Udin ini.

Menurut Syaefudin, AKBP Lukman merupakan sosok pemimpin yang baik, selalu membimbing dengan bijaksana. Ia menambahkan harapan semoga AKBP Lukman diberikan kemudahan oleh Allah SWT di tempat yang baru.
“Selanjutnya saya ucapkan selamat datang kepada Kapolres Indramayu AKBP Doktor M Fahri Siregar,” lanjut Kang Udin.
Ia berharap Kapolres Indramayu tetap memiliki hubungan yang tetap terjalin, bersinergi dengan baik, dan terus mengayomi masyarakat Indramayu.*Adinata

Thursday, 12 January 2023 16:02

PDAM Indramayu Terapkan Penyesuain Tarif 30%

media-sindo.com

INDRAMAYU Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) atau PDAM Tirta Darma Ayu (TDA) Kabupaten Indramayu tahun 2023 ini berencana melakukan penyesuaian tarif air minum.

Rencana tarif baru itu sekaligus menghapus tarif lama. Terakhir, PDAM TDA melakukan penyesuaian tarif pada enam tahun silam atau sejak tahun 2017.

Tarif lama air minum PDAM sejak tahun 2017 yakni Rp4,05 per liter untuk penggunaan 0 s/d 10.000 liter dan Rp5,20 / liter untuk penggunaan 10.001 s/d 20.000 liter. Selebihnya, penggunaan sampai 30.000 liter diterapkan tarif sama yakni Rp5,20 / liter.

Direktur Utama (Dirut) Perumdam TDA, Ady Setiawan, menjelaskan, penyesuaian tarif untuk tahun 2023 rencananya akan dipatok pada angka kenaikan 30 persen dari tarif lama.

Meski begitu kenaikan tersebut, kata Ady, masih jauh dari tarif batas bawah yang ditetapkan Gubernur Jawa Barat dalam keputusannya nomor 610/Kep.890-Rek/2021 dimana untuk Kabupaten Indramayu yakni Rp5,823 / liter.

"Masih dibawah tarif batas bawah Keputusan Gubernur Jawa Barat tentang Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah Air Minum BUMD di Provinsi Jawa Barat. Jadi artinya, penyesuaian tarif di kami juga sesuai perintah gubernur," kata Ady, Rabu, 11 Januari 2023.

Penyesuaian tarif tersebut, imbuh Ady, karena beberapa alasan atau indikator yang kemudian menjadi pertimbangan utama. Alasan itu, kata dia, antara lain adanya kenaikan harga tarif dasar listrik dan BBM.

Indikator lainnya yakni lebih tingginya biaya produksi akibat dari adanya kenaikan bahan kimia pengolah air, biaya operasi dan pemeliharaan.

Imbas dari seluruh indikator, lanjut dia, yakni terjadinya kenaikan biaya usaha yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendapatan.

"Beban berat itu menyebabkan perusahaan tidak mampu atau sulit untuk melakukan pengembangan usaha untuk mencapai target peningkatan cakupan layanan," jelas Ady.

Dalam perkembangan yang sama, Ady mengatakan rencana penyesuaian tarif juga sudah dihitung cermat berdasarkan seluruh indikator diatas.

Lainnya, penyesuaian tarif naik menjadi 30 persen juga dilaksanakan setelah memperoleh tanggapan publik dari berbagai elemen.

"Sebelum penyesuaian tarif diberlakukan, kami juga meminta umpan balik dari publik. Elemen yang kami ajak bicara antara lain ormas, OKP, LSM, Pers dan tokoh masyarakat dan tentu saja wakil rakyat di DPRD," tukas Ady.

Sementara itu sebagai pembanding, jelas Ady, tarif air minum yang selama ini diberlakukan di Kabupaten Indramayu lebih rendah dari kabupaten dan kota Cirebon.

Padahal kedua daerah tersebut menerima pasokan air dari sumber mata air yang tidak terlalu banyak membutuhkan biaya pengolahan yang tinggi.

"Kabupaten Cirebon mengenakan tarif Rp6,79 / liter untuk penggunan 10.000 liter dan menerapkan tarif Rp7,70 / liter untuk pengguna 10.001 - 20.000 liter. Sedangkan Kota Cirebon Rp5,39 / liter untuk penggunaan 10.000 liter dan Rp7,02 / liter untuk 10.001-20.000 liter," tutur Ady.

Meski terjadi penyesuaian tarif, Ady menyatakan, sesuai arahan Bupati Indramayu, Nina Agustina, sebagai kuasa pemegang modal, ada misi sosial yang tetap dikedepankan.

Misi sosial yang dimaksud yakni terjadinya tambahkan subsidi silang. Konkretnya, yakni penyusunan tarif baru tersebut menggunakan mekanisme subsidi silang sehingga terpenuhi rasa keadilan. Pelanggan yang mampu mensubsidi pelanggan yang tidak mampu.

"Pelanggan dengan blok tarif kemampuan bayar tinggi mensubsidi pelanggan dengan kemampuan bayar minimal sehingga akan PDAM yang sehat dan berkelanjutan," pungkas Ady.*toto

Saturday, 31 December 2022 19:19

LPOI Gelar Refleksi Akhir Tahun 2022

Jakarta, media-sindo.com. -


Sebagai Bukti “Cinta Tanah Air” dan Kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara, serta sebagai komitmen dan dedikasi untuk menjaga segenap tumpah darah Indonesia, Ormas Ormas Islam yang tergabung bersama LPOI (Lembaga Persahabatan Ormas Islam) di bawah Pimpinan Prof. DR. KH. Said Aqil Siroj, MA menyelenggarakan Refleksi Akhir Tahun 2022 dan International Media Training for Muslim Journalist tanggal 31 Desember 2022 sampai tanggal 01 Januari tahun 2023.

Prof. DR. KH. Said Aqil Siroj, MA yang juga Ketua Dewan Pembina Islam Nusantara Foundation secara tegas menyampaikan Bahwa Posisi Indonesia sangat Strategis di mata dunia. “Strategisitas Indonesia, sebagai Negara di Benua Asia, yang berlimpah sumberdaya alam; memiliki keragaman budaya; memiliki keluhuran budi pekerti dan kehidupan beragama yang damai; memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa; serta sebagai negara Demokrasi yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia dan berada pada posisi titik silang dunia, harus dijaga dan di perkuat keberadaannya. Peranan Indonesia dalam menjaga stabilitas Asia dan menjaga perdamaian dan peradaban dunia harus di tingkatkan” Demikian Kata Kyai Said dalam pengantar pidatonya.

Tampak hadir dalam pembukaan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqofah Ciganjur, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Mr. Lu Kang, Deputi VII Badan Intelijen Negara DR Wawan Hari Purwanto, Direktur Pencegahan BNPT, Brigjend Pol Ahmad Nur Wahid dan seluruh anggota LPOI serta para Jurnalis muslim yang diundangan dari berbagai daerah di Indonesia.

Lebih lanjut, Dalam penjelasannya, Kyai Said menyampaikan betapa pentingnya hubungan Indonesia Tiongkok. “Indonesia-Tiongkok adalah 2 bangsa besar, yang memiliki Ikatan strategis, baik di masa lalu, saat ini, dan dimasa yang akan datang” ujar KH Said Aqil Siroj.

Selaras dengan itu Kyai Said Juga memberikan Apresiasi Kepada Pemerintah Tiongkok “Atas Nama Organisasi Organisasi Islam di Indonesia dan Warga Muslim, izinkan kami Mengapresiasi Pemerintah Tiongkok, atas berbagai upaya Konservasi Makam Tokoh-Tokoh Islam yang Bersejarah dan berada di Tiongkok, diantaranya adalah makam makam sahabat Nabi Muhammad SAW”. Diantaranya Makam Sahabat Sahabat Saad bin Abi Waqos dan Ashabul Khoir dua sahabat Nabi yang makamnya berada di Fuchou dan Makam Cheng Ho di Nanjing”. Demikian penjelasan Profesor Lulusan Universitas Ummul Qura Mekkah Al mukarromah.

Kang Said juga Juga memberikan Bantahan terkait Kasus Uighur yang selalu hangat dibicarakan. “Issu Muslim Uyghur telah digoreng oleh pihak Barat sebagai komoditas politik yang mencoba membenturkan Dunia Islam dengan Tiongkok dan sebagai Framing Barat untuk menekan kedaulatan pemerintah Tiongkok”. Demikian bantahan Kang Said.

Pernyataan Said Agil bertola belakang dengan apa yang sesungguhnya terjadi. Cam-cam penyisakaan orang iughur begitu nyata. Media barat juga sudah berulang kali menyajikan berita apa yang sesungguhnya terjadi. Genosida terhadap muslim iughur tidak dapat ditutup-tutupi.

Dalam Sambutannya Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok Untuk Indonesia menyampaikan “Indonesia adalah sahabat Baik Tiongkok. Indonesia adalah mitra penting Tiongkok dalam membangun peradaban dunia yang lebih baik. Keberadaan Ormas Ormas Islam di Indonesia sangat strategis bagi Dunia, khususnya dalam membangun citra Umat Islam yang ramah, damai dan toleran. Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok Siap Sedia untuk Bekerjasama dengan LPOI, untuk meningkatkan hubungan Muslim Tiongkok dan Muslim Indonesia serta dalam mewujudkan Peradaban Dunia yang lebih baik.” Kata Mr. Lu Kang dalam Sambutannya.

Membuka Catatan Kritis Refleksi Akhir Tahun, Ketua Umum LPOI Prof. DR KH Said Aqil Siroj MA menyampaikan “Pemerintah Indonesia dan Para pihak Berkepentingan tidak boleh hanya mengekspolitasi sumberdaya alam di Indonesia dan melupakan keseimbangan ekologis dan melupakan masa depan generasi bangsa. Kemitraan strategis yang dibangun oleh pemerintah dengan para pihak, tidak boleh menciptakan ketergantungan yang berkepanjangan dan merugikan, serta tak boleh membuka peluang bagi terciptanya Neo Kolonialisasi. Demikian halnya Kerjasama yang dibangun harus diiringi dengan transfer pengetahuan dan keahlian serta dibarengi dengan pengakuan atas kedaulatan bangsa” demikian Kata Kyai Kebanggaan Warga Nahdliyin.

Catatan Penting Refleksi akhir tahun 2022 LPOI, yang disampaikan oleh Ketua Umum nya, Prof. DR. KH Said Aqil Siroj, MA adalah sebagai berikut:

LPOI mengapresiasi Langkah pemerintah untuk mewujudkan pembangunan Indonesia yang lebih baik. Namun demikian masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan dan berbagai hal yang perlu mendapatkan perhatian dan penanganan serius. Diantaranya:

1. Pemerintah tidak boleh hanya sekedar mengikuti orkestrasi oligarki dan global driver, dalam menghadapi ancaman perang biologi dengan berbagai serbuan agenda-agenda Pandemi. Demikian halnya harus lebih berani menegosiasikan kepentingan nasional dan kesetaraan dalam menghadapi perang mata uang, ditengah agenda global driver yang mengarahkan pada kesatuan mata uang digital.

2. Koloniasisasi Digital harus segera di Akhiri, dengan segera membangun kemandirian dan kedaulatan Divice, Network dan Aplication. Kedaulatan Data dan Informasi serta Kedaulatan Siber harus dijaga, dan tak boleh bocor serta bebas ditambang oleh pihak pihak berkepentingan, agar kedaulatan nasional tidak terkoyak.

3. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia harus ditegakkan. Rakyat harus mendapatkan Hak yang sama dalam segala hal dan tak boleh dikalahkan oleh kepentingan oligarki. Redistribusi Aset, Redistribusi Lahan dan Hutan tak boleh di monopoli dan hanya sekedar manipulasi. Kesempatan Berusaha haru lebih di buka seluas luasnya bagi semua pihak bukan hanya untuk dikuasai oleh kongsi kongsi tertentu di Negeri ini. Anak Anak Muda harus lebih diberi porsi dan ruang berkreasi agar lebih produktif dan lebih berkontribusi pada negeri.

4. Kemanusiaan yang adil dan beradab harus di junjung tinggi. Keselamatan dan Nyawa Manusia Indonesia harus di utamakan dan tak boleh disia-siakan. Berbagai Tindakan Kekerasan yang telah merugikan kemanusiaan dan menghilangkan nyawa manusia harus di hentikan dan tragedi kanjuruhan harus diusut setuntas tuntasnya. Kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai ancaman bencana ekologis dan ancaman terorisme harus selalu harus di waspadai. Pemerintah Tidak Boleh Lengah dalam menghadapi berbagai tantangan ancaman, tantangan dan gangguan yang mungkin terjadi.

5. Persatuan dan Kesatuan Indonesia harus di perkuat, terutama dalam menghadapi dan mewaspadai turbulensi politik menyongsong tahun politik 2024. Pemerintah harus mewaspadai politisasi agama, lebih tegas dan lebih berani melarang penyebarluasan Ideologi Wahabi, Salafi, Khilafah dan Takfiri. Segera mengambil aksi nyata dan menindak berbagai provokasi anti Pancasila, profokasi anti NKRI dan Provokasi Anti Pemerintah yang mengancam kesatuan dan keamanan nasional. Pemulihan terhadap kepercayaan Rakyat terhadap aparat kepolisian, TNI dan para penegak hukum harus segera dipulihkan, agar keamanan dan pertahanan semakin kuat menghadapi berbagai turbulensi.

6. Tak boleh ada lagi “Penyelenggara Negara” yang menyalah gunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi dan membangun eksistensi apalagi hanya demi sebuah posisi. Penyelenggara Negara harus rela mengabdi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk Ibu pertiwi, bukan mengeksploitasi dan mengakuisisi jejaring dan sumberdaya negeri untuk pribadi.

7. Kehidupan Beragama yang ramah damai dan toleran harus ditingkatkan. Dengan memupuk dan menyemai sikap ramah damai dan toleran di lingkungan Pendidikan, di rumah tangga dan di kehidupan sosial. Ruang ruang media sosial harus di isi dengan narasi dan kontra narasi yang menggaungkan kebhinnekaan dan toleransi. Sehingga Pancasila masih terus terpatri di sanubari setiap anak negeri.

8. Kedaulatan pangan dan Energi harus dipastikan lagi. Agar bangsa ini selalu siaga menghadapi Turbulensi Ekonomi dan ancaman resesi. Rakyat tidak boleh kelaparan. Sumberdaya Energi hijau yang berkelanjutan harus di implementasikan. Buka seluas luasnya pengembangan Energi Baru dan Terbarukan, jangan halangi pengembangannya hanya karena kepentingan ijon dan dikunci oligarki.

Melalui pernyataan Ketua Umumnya, LPOI menegaskan, bagaimana kedepan bangsa Indonesia harus bersikap. “Kedepan, kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan dan keberagamaan semakin komplek. Maka diperlukan kecerdasan, kewaspadaan dan kolaborasi multipihak dalam menjaga dan melindungi negeri ini. Visi Kebangsaan dan Kenegaraan harus diutamakan. Agar bangsa ini dapat selamat melewati berbagai ancama tantangan gangguan dan hambatan dari dalam dan luar negeri. Semoga Allah SWT selalu melindungi Negeri ini”. Demikian Ujar kyai said mengakhiri sambutannya.

Ada hal yang menjadi pertanyann dalam acara ini, apa hubungannya duta besar tiongkok yang selama ini jelas-jelas telah menyiksa umat islam, dan dalam kegiatan ini mengapa justru negara china yang diundang, pada hal yang lebih tepat adalah duta besar negara islam. China adalah negara komunis yang tidak memahami agama islam, bagaimana indonesia yang besar dengan penganut islam terbesar dekatakan sahabat baik. Pemberontakan komunis di indonesia tidak terlepas dari peran china. Said agil tampaknya ingin menggiring ormas islam agar mau menjadikan china sebagai rujukan dan mengatakan bahwa tiongkok adalah teman baik.

media-sindo.com - INDRAMAYU Di penghujung tahun 2022, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menggelar Muhasabah dengan doa bersama dan memberikan santunan kepada 500 anak yatim di Indramayu, khususnya yang tinggal berada di sekitar area Kilang RU VI dan Perumahan Pertamina Bumi Patra.

Secara Simbolis, santunan di berikan oleh GM RU VI beserta Tim Manajemen kepada 10 anak yatim di Masjid Sabilul Muttaqien Bumi Patra, Jum'at (30/12).

General Manager PT KPI RU VI Balongan Diandoro Arifian mengatakan, Muhasabah yang digelar melalui Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI Balongan ini merupakan evaluasi dan instropeksi diri pekerja dan keluarga di lingkungan RU VI selama tahun 2022.

Dikatakan Diandoro, Kelancaran operasional Kilang Balongan bukan hanya bersumber dari pekerja saja, namun juga butuh dukungan doa dari semua kalangan termasuk anak-anak yatim.

"Semoga melalui Muhasabah ini Kilang Pertamina Balongan senantiasa aman lancar dan pekerjanya diberikan kesehatan dan keselamatan", Harap Diandoro.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Imam Rismanto mengungkapkan, santunan terhadap anak yatim ini merupakan bentuk perhatian perusahaan kepada masyarakat sekitar yang disalurkan melalui Badan Dakwah Islam (BDI) dan Baituzzakah Pertamina (Bazma) KPI RU VI Balongan

Disampaikan Imam, Pertamina berkomitmen untuk tetap menjalankan operasional kilang dengan tetap senantiasa menyalurkan kewajiban berbagi kepada lingkungan sekitar.

"Semoga santunan ini bisa memberikan keceriaan kepada anak yatim yang menerima", kata Imam.

Diterangkan Imam, kegiatan santunan ini adalah agenda rutin di setiap penghujung tahun, namun demikian, kegiatan berbagi juga selalu diupayakan untuk dilakukan di berbagai kesempatan lain, seperti ketika Ramadan, Hari Ulang Tahun perusahaan lain lainnya.*Toto

Friday, 30 December 2022 19:01

Polytama Raih Proper Emas Dari KLHK

media-sindo.com-

INDRAMAYU Dua tahun berlalu sejak pertama kali Polytama meraih Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) dengan peringkat tertinggi atau Emas pada tahun 2020, Polytama menunjukkan komitmennya dalam inovasi keberlanjutan dengan kembali memperoleh PROPER Emas yang ketiga dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Bertempat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, prosesi penganugerahan turut dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc serta seluruh perusahaan yang menerima penghargaan.

Dengan mengusung tema “Bersatu Hijaukan Bumi Kita untuk Masa Depan yang Lebih Cerah” Polytama berupaya untuk terus menjadi pelopor dalam penerapan inovasi-inovasi pada pengelolaan lingkungan yang melibatkan kerjasama dan sinergi yang baik dengan stakeholder guna meraih hasil maksimal.

Dijumpai saat menerima penghargaan tersebut, Presiden Direktur Polytama, Didik Susilo turut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih “Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk para tim PROPER Polytama dalam mempertahankan pencapaian ini dan bukanlah hal yang mudah. Ini merupakan tantangan bagi kami agar dapat terus memberikan kontribusi dalam pelestarian lingkungan yang lebih maksimal setiap tahunnya. Meski demikian, pencapaian ini tentunya menjadi motivasi dan mendorong kami untuk terus semangat menjalankan komitmen dalam menjalankan usaha, sejalan dengan yang tercantum pada visi CSR Polytama” ujarnya.

Polytama merupakan perusahaan penghasil bijih plastik propilena (pp) terkemuka di Indonesia yang melalui program CSR nya mendukung dan menggiatkan keberlanjutan lingkungan serta sejalan dengan visi CSR Polytama untuk menjadi Perusahaan yang memiliki kepedulian sosial tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya dalam upaya menunjang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Hal tersebut dibuktikan kesungguhannya melalui perolehan PROPER predikat Emas yang ketiga kalinya di tahun 2022. Program unggulan yang menghantarkan Polytama dalam perolehan tersebut dengan melakukan berbagai program eco-inovasi dan inovasi sosial. Pada program inovasi sosial yakni program Ekoriparian Sungai Tjimanoek Lama, Polytama membangun sistem Pentahelix di jantung kota Indramayu dengan penataan sungai yang kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh umkm dan pengunjung yang berasal dari Kabupaten Indramayu dan di luar wilayah Indramayu.

“Tak lupa saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholders yang telah mendukung kami khususnya Bupati Indramayu beserta dinas pemerintah daerah, dan tentunya segenap insan Polytama yang saya banggakan atas kerja cerdas dan kekompakannya.

Melalui ajang PROPER tahun ini, Polytama kembali hadir dengan beragam inovasi pengelolaan lingkungan dalam lingkup operasional maupun pada wilayah sekitar area plant site Polytama melalui program CSR yang saling terintegrasi dan terus dikembangkan.

Polytama sebagai bagian dari PT Kilang Pertamina Internasional Group dan anak perusahaan dari PT Tuban Petrochemical industries mewujudkan kesungguhannya dalam memberikan kontribusi terbaik dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah Indramayu terkait kepedulian dalam penataan lingkungan yang dikombinasikan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

PROPER yang merupakan program KLHK RI diharapkan dapat menjadi pendorong upaya pengendalian lingkungan dan keseimbangan dalam upaya ekonomi dan investasi dengan keseimbangan lingkungan bagi seluruh pelaku usaha di Indonesia.

Polytama menjadi salah satu dari 51 perusahaan yang memperoleh PROPER Emas dari total keseluruhan 3200 perusahaan yang berpartisipasi.*Toto

Page 1 of 70