You are here: HomeNasionalPendidikanBasynursyah
Basynursyah

Basynursyah

Thursday, 15 February 2024 14:49

Dirut Perumdam TDA Ady Mencoblos di TPS 06

 

media-sindo.com - Indramayu,Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Darma, Ady Setiawan,berharap agar terpilih pemimpin yang baik di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kali ini.
Hal tersebut ia sampaikan setelah mencoblos di Tempat pemungutan Suara (TPS) 06 Kelurahan Kepandean, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, pada Rabu (14/2/2024).
"Mudah-mudahan Indonesia, terkhusus Kabupaten Indramayu mendapatkan legislator, presiden, dan senator yang terbaik," ungkap Ady Setiawan.
Pada keikutsertaannya sebagai pemilih yang pertama kali di Indramayu ini, Ady Setiawan berharap agar mereka yang terpilih mampu memberikan kontribusi pemikiran dan pengawasan untuk pembangunan Indramayu yang lebih baik.
Saat ditanya harapan khususnya sebagai seorang pimpinan di perusahaan milik daerah, Ady berharap agar caleg yang terpilih bisa bersinergi dengan Perumdam.
"Bisa bersama-sama bersinergi yang rukun, yang harmonis untuk Kabupaten Indramayu," ungkap Ady.
Ady juga disinggung soal kabar dirinya akan maju sebagai bakal calon wakil bupati pada Pemilihan Bupati 2024 mendatang. Namun ia menampik kabar tersebut.
"Saat ini saya fokus pada tugas-tugas di PDAM, mengikuti arahan, kebijakan, dan amanah yang diberikan masyarakat lewat Kuasa Pemilik Modal, Bupati Indramayu," jawab Ady.
Ia beranggapan masih banyak putra-putri daerah dan calon lain yang mungkin lebih layak dan kompeten serta untuk faktor kedaerahannya kuat.
Lantas, siapa yang dipilih Dirut pada Pemilu 2024 kali ini?
"Rahasia dong," ungkapnya sambil tertawa. (Asmawi)

Thursday, 25 January 2024 07:52

Jokowi "Presiden boleh berkampanye"

Media-sindo.com - Jakarta, Presiden seyogianya dapat memisahkan posisi sebagai seorang politisi dan sebagai seorang kepala negara. Dalam konteks ini sebagai Kepala Negara. Sebagai kepala negara Presiden harus menunjukkan integritasnya sebagai seorang negarawan yang mengayomi seluruh Rakyat Indonesia. Ujar Poempida saat dihubungi wartawan Rabu (24/01/2024)
Bagaimana pun juga Presiden hidup dan bekerja dari uang pajak rakyat, di mana Paslon 01, 02 dan 03 bersama dengan pendukung masing-masing paslon adalah para pembayar pajak. Seyogianya mereka semua ini diperlakukan secara adil. Tuturnya
Namun jika kemudian Presiden ingin melakukan kampanye untuk salah satu Paslon, Presiden harus mengundurkan diri. Atau paling tidak cuti selama proses tersebut.
Jadi selama dalam cuti, kekuasaan dipegang oleh Wakil Presiden. Tegas Poempida (fqh)

Saturday, 20 January 2024 11:51

KPI RU VI Balongan Raih Penghargaan IGA 2024

media-sindo.com - Indramayu

PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VI Balongan meraih Penghargaan Nasional Lingkungan Hidup, Indonesia Green Awards 2024 pada kategori “Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu” melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) - Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Plakat Menggunakan Kompor Minyak Jelantah yang dijalankan oleh Kelompok Mitra Binaan Bank Sampah Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah (Wiralodra) dengan predikat The Promising.

Penghargaan tersebut diterima oleh Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli dalam gelaran Penganugerahan Indonesia Green Award (IGA) 2024 yang diadakan oleh La Tofi School of Social Responsibility dan diselenggarakan di Bali Room - Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Atas penghargaan tersebut, Zulkifli menjelaskan bahwa Penghargaan ini merupakan bentuk wujud nyata atas komitmen, konsistensi dan sustainability RU VI dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat di sekitar Kilang RU VI Balongan.

“Inovasi dalam pengolahan sampah plastik menjadi produk yang bernilai ekonomi ini sejalan dengan semangat RU VI Balongan untuk senantiasa menciptakan terobosan baru.”, terang Zulkifli.

Dijelaskan Zulkifli lebih lanjut, adapun Program Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Plakat Menggunakan Kompor Minyak Jelantah merupakan pengembangan dan inovasi dari Bank Sampah Wiralodra yang diinisiasi sejak 2019.

Dengan konsep Zero Waste sampah plastik tidak hanya dijadikan plakat sebagai produk utama tetapi juga dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi, seperti kotak tisu, medali, dan jam dinding.

Selain itu, Bank Sampah Wiralodra juga mengelola sampah anorganik sebesar 300 kg per bulan yang diubah menjadi pakan maggot. Hasilnya program ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, mengurangi timbunan sampah, dan meningkatkan pendapatan anggotanya.

“Tentunya penghargaan ini kami jadikan penyemangat dan motivasi untuk terus konsisten melaksanakan Edukasi serta menjalankan program-program lingkungan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang bermanfaat bagi Masyarakat, perusahaan dan lingkungan”, pungkas Zulkifli

Pada ajang tersebut, PT Pertamina (Persero) selaku holding turut mendapatkan penghargaan sebagai The Guardian karena berhasil meraih seluruh kategori dengan menyertakan lebih dari 70 program. Selain itu Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menerima penghargaan sebagai EcoStar karena kecemerlangannya memimpin Pertamina sehingga menjadi Perusahaan yang paling peduli dengan lingkungan.* Asmawi

Saturday, 20 January 2024 11:45

Di Tahun Politik Kedepankan Norma dan Etika

Media-sindo.com Indramayu -

Langkah tegas yang diambil oleh seorang pimpinan dalam memberikan sangsi atas tindakan yang dilakukan kepada bawahannya sudah tepat. Apalagi seorang pegawai harus memiliki norma sebagaimana yang diatur dalam Undang Undang Kepegawaian.

Hal tersebut disampaikan Sosiolog Saptarini Kismawati SS M.Pd dalam menanggapi penyebaran visual tak senonoh terhadap seorang mantan Kepala negara yang dilakukan oleh seorang pegawai BUMD milik pemerintah kabupaten Indramayu.

"Langkah tegas seorang pimpinan dalam hal ini Dirut PDAM Tirta Darma Ayu sudah tepat. Apalagi ini menyangkut pornografi terhadap seorang mantan kepala negara," kata Saptarini Kismawati.

Saptarini meyakinkan langkah tegas yang diambil tersebut memang harus dilakukan oleh seorang pimpinan sebagai bentuk efek jera kepada yang lainnya. Terlebih pada tahun politik ini, seorang ASN dan pegawai di lingkungan BUMN/BUMD harus bersikap netral dan mengedepankan etika sebagai seorang pegawai yang diatur dalam Undang Undang Kepegawaian.

"Langkah langkah yang diambil sebelum memutuskan untuk bersikap pastinya sudah dilakukan oleh pimpinan dan internal di perusahaan tersebut. Jadi seharusnya dihormati putusan tersebut," paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang oknum pegawai di Perusahaan Daerah Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu menyebarluaskan foto mantan presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri dengan mengenakan bikini berwarna merah. Unggahan tersebut langsung tersebar dan membuat beragam reaksi atas tayangan tersebut.

Perbuatan tidak bijak yang dilakukan oleh oknum pegawai Perumdam Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu tersebut langsung dilaporkan oleh jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Indramayu dan Perwakilan pegawai Perumdam Tirta Darma Ayu ke Mapolres Indramayu *Asmawi

Thursday, 18 January 2024 20:21

PUPR Siap Bantu PBG Tempat Ibadah

Media-sindo.com - Indramayu, Bupati Indramayu, Nina Agustina, meminta semua masjid di Kabupaten Indramayu harus memiliki Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

PBG adalah Perizinan yang dikeluarkan dari pemerintah kepada pemilik sebuah bangunan gedung atau perwakilannya untuk memulai pembangunan, merenovasi, merawat, atau mengubah bangunan gedung tersebut sesuai dengan yang direncanakan.

Sejalan dengan instruksi Bupati Indramayu tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu telah mengajak masyarakat pemilik bangunan untuk mengurus PBG.

Terkhusus masjid, menurut Kepala Dinas PUPR Indramayu, Asep Abdul Mukti, S.T., M.Si., melalui Sekretaris Dinas, Maulana Malik, S.E., pihaknya akan membantu Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang kesulitan.

"Bagi DKM yang kesulitan untuk mengurus PBG, kami siap membantu mengurusnya," ungkap Sekdis Maulana Malik.

Menurut Maulana Malik, pihaknya bahkan sudah melakukan aktivitas door to door untuk pembuatan sertifikat tanah dan PBG bagi masjid-masjid yang membutuhkan dokumen tersebut.

Pihak PUPR bakal memandunya dari awal. Mulai dari menyusun pemberkasan, proses pengajuan, hingga pembuatan sertifikat. Semuanya akan dibantu.

Masjid yang memiliki sertifikat tanah serta bangunannya sudah memiliki PBG, menurutnya bakal menghilangkan potensi masalah di kemudian hari.

"Demi Indramayu Bermartabat, masalah-masalah terutama menyangkut rumah ibadah harus dihilangkan potensi kemunculannya," pungkas Maulana.*Asmawi

Thursday, 18 January 2024 08:48

Kami butuh doa Anak Yatim

sinarindonesia.com -Indramayu,

 

Fungsi Produksi I Kilang Pertamina Balongan memberikan santunan kepada 70 Anak Yatim asuhan Yayasan Rumah Yatim Arrahimah Abu Hurairah Indramayu.

Total santunan yang disalurkan oleh Fungsi Produksi I ini sebesar 21 Juta Rupiah. Secara simbolis santunan dibagikan kepada 10 anak di aula pesantren yang diserahkan langsung oleh Manager Produksi I Pertamina RU VI Balongan Dani Endar Purwanto.

Dalam kegiatan ini, Dani Endar mengatakan saat ini Kilang Pertamina Balongan tengah menghadapi agenda rutin tahunan yang harus dilakukan guna menjaga kehandalan operasional Kilang, agenda tersebut yakni pemeliharaan dan perawatan beberapa unit kilang.

"Segala persiapan peralatan dan pekerja sudah kami siapkan dengan matang, namun demi kelancaran dan keselamatan pekerjaan, kami butuh dukungan doa dari semua pihak termasuk dari anak-anak yatim", terang Dani.

Sementara itu, Pimpinan Yayasan Rumah Yatim Arrahimah Abu Hurairah, Ustad Mustafid, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan Fungsi Produksi I Kilang Balongan kepada anak-anak yatim asuhannya.

Kata Ustad Mustafid, Anak-anak yatim ini senantiasa juga akan turut mendoakan agar seluruh pekerja RU VI senantiasa diberikan keselamatan dan kesehatan dan seluruh pekerjaan yang dikerjakan berjalan sesuai rencana tanpa adanya hambatan dan kecelakaan kerja.

Selain santunan anak yatim, kegiatan juga diisi dengan tausiyah dan do'a bersama yang dipimpin oleh Ustad Slamet Riyadi.

Pada agenda pemeliharaan kilang tahun 2024 ini, unit kilang bagian dari Produksi I yang akan dilakukan perawatan diantaranya Unit RCC (Residue Catalytic Cracking), dan Distillation Treating Unit (DTU).*Asmawi

media-sindo.com -Indramayu Awal tahun 2024, DPRD Kabupaten Indramayu membukanya dengan melakukan Pembukaan Masa Persidangan DPRD Kabupaten Indramayu.

Sidang Paripurna ini diadakan di Ruang Utama DPRD Kabupaten Indramayu pada Senin (8/1/2024), serta dihadiri sejumlah pejabat Indramayu.

Sidang Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Indramayu, Amroni, ini dihadiri oleh Bupati Indramayu Nina Agustina yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Aep Surahman.

Hadir pula unsur Forkopimda lain, juga ada Staf Ahli Setda Indramayu, para Kepala Dinas, camat, pimpinan Perguruan Tinggi, serta tamu undangan lainnya.

Menurut Amroni, DPRD sudah menyiapkan agenda penting dan strategis di awal tahun ini. Agenda tersebut diantaranya adalah fungsi anggaran yang siap mensejahterakan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Fungsi pengawasan melalui alat kelengkapan dewan juga bakal memastikan regulasi, kinerja, serta pengelolaan anggaran bisa memajukan Indramayu dalam berbagai bidang," kata Amroni.

Amroni juga memastikan bahwa DPRD bakal mendorong semua mitra kerjanya untuk bekerja secara responsif, terukur, dan berorientasi untuk menyelesaikan masalah.

"Sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah," tegas Amroni.

Sidang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan DPRD Kabupaten Indramayu mengenai penetapan perubahan pimpinan dan anggota Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Indramayu Tahun 2024.

Selain itu, ditetapkan pula pimpinan dan anggota Komisi-Komisi DPRD Kabupaten Indramayu Tahun 2024 yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Indramayu.

"Selamat bekerja," tutup Amroni.*Asmawi

 

media-sindo.com -Indramayu, Mengawali tahun 2023, PT Kilang Pertamina Internasional melalui Fungsi Communication, Relation & CSR melakukan kunjungan ke Lembaga Kemasyarakatan (Lapas) kelas II B Indramayu (03/01).

Kunjungan yang dilakukan oleh Area Manager Communication, Relation & CSR Mohamad Zulkifli bersama Tim Community Development (Comdev) ini diterima langsung oleh Kalapas Indramayu Hero Sulistiyono.

Dikatakan Zulkifli, kunjungan ini adalah sebagai penguatan sinergi serta kerja sama yang sudah berjalan dengan Lapas Indramayu dalam hal pemberdayaan warga binaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) RU VI.

“ Tujuan besar kami melalui pemberdayaan ini adalah sebagai upaya memasyarakatkan kembali warga binaan lapas serta menjamin keberfungsian sosialnya di masyarakat setelah melaksanakan masa hukumannya ”, ungkap Zulkifli.

Adapun program-program TJSL RU VI Balongan yang dijalankan di lapas Indramayu adalah Budidaya Ikan Lele, Budidaya Maggot (Black Soldier Fly), kelompok Bima Sakti Pertanian Sayur menggunakan Metode Hidroponik & Aquaponik, dukungan workshop kerajinan dan Pembesaran Lele dan Nila yang kesemuanya tergabung dalam kelompok Bimbingan Masyarakat Peduli Kelestarian Hayati ( Bima Sakti).

Kepala Lapas Indramayu, Hero Sulistiyono mengucapkan terima kasih kepada PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan atas perhatian dan dukungannya dalam memberdayakan warga binaan lapas Indramayu.

“ Semoga dengan adanya keberlanjutan perhatian melalui program-program TJSL RU VI dan kerja sama selama ini, diharapkan tujuan bersama untuk mengembalikan warga binaan agar diterima oleh masyarakat sebagai warga dapat sama-sama dicapai ”, jelas Hero.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi program TJSL yang berada di area Lembaga Pemasyarakatan tersebut.*Asmawi

Media-Sundo.com, Banten –
Respon cepat Dua pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor roda dua berhasil diringkus tim opsnal unit Resmob Polsek Jatiuwung Polres Metro Tangerang Kota, Kamis 28/12/2023 pukul 03:00wib. Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Jatiuwung Kompol Donni Bagus Wibisono, S.E., didampingi Kanit Reskrim AKP Prapto Lasono, S.H., mengatakan, bahwa memang benar anggota personel kami dari tim opsnal unit Resmob Polsek Jatiuwung telah meringkus Dua pelaku spesialis Curanmor Roda dua di dua lokasi sebuah rumah kontrakan di Desa Telaga Sari, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang provinsi Banten.
Penangkapan dua pelaku spesialis Curanmor Roda Dua ini berkat adanya laporan seorang wanita sebut saja mawar yang telah merasa kehilangan 1 unit sepeda motor di lokasi parkiran sebuah Cafe Celi Social Area, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.Korban mawar pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Jatiuwung dengan bukti laporan Polisi Nomor :LP/B/997/XII/2023/PMJ/Restro Tng Kota Sek Jtu Rabu tanggal 27 Desember 2023.Berdasarkan laporan korban tersebut.
Tim opsnal unit Resmob dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim AKP Prapto Lasono, S.H., berserta 4 personel bergerak cepat mendatangi lokasi TKP dengan menyisir dan melihat rekaman CCTV yang ada di area lokasi tersebut.Korban pun sempat memberitahukan informasi ke petugas, bahwasanya motor sudah dilengkapi dengan alat GPS.Setelah mendengarkan informasi dari korban, petugas kami pun langsung bergerak cepat melakukan observasi kelapangan untuk melacak dan mengikuti petunjuk arah sinyal lokasi GPS motor si korban.
Sesampainya dilokasi sinyal GPS berhenti, lalu petugas kami pun mencurigai tiga orang terduga pelaku berboncengan dengan satu motor menuju salah satu sebuah rumah kontrakan, dengan sigap gerak cepat petugas kami langsung menggerebek sebuah kontrakan. Alhasil dari penggerebekan dilokasi sebuah rumah kontrakan, petugas kami berhasil mengamankan dua (2) terduga Pelaku berinisial F E.G (21th) asal Lampung, MIP (19th) asal Lampung dengan mendapati Barang-Bukti (BB) 4 unit Sepeda motor dari berbagai Merk, 2 bh anak kunci palsu, Obeng kecil, 1bh Sajam jenis badik dan berbagai Plat No.Pol Palsu serta beberapa sparepart dan kunci lainnya. Namun satu pelaku lainnya berhasil melarikan diri.
Petugas unit Resmob melakukan pengembangan dari hasil introgasi kedua pelaku yang sudah diamankan mau koperatif dengan mengatakan bahwa tiga kawan se-profesi berikut unit motor lainnya ada di sebuah rumah kontrakan yang jaraknya tidak jauh dari lokasi pertama.Tidak mau kehilangan target selanjutnya, Petugas kami langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kedua dan dilokasi kedua tersebut, petugas kami mendapati Barang-Bukti (BB) 4 unit Sepeda motor berbagai Merk.
Namun tiga pelaku yang ada di dalam sebuah rumah kontrakan target yang kedua pada saat digrebeg ketiga Pelaku berhasil melarikan diri. Kedua terduga Pelaku Berikut BB 8 unit Sepeda motor dan lainnya dibawa tim opsnal Resmob Polsek Jatiuwung guna dilakukan pemeriksaan, penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.Atas perbuatannya melakukan pencurian, kedua pelaku F.E.G (21th) dan MIP (19th) bisa dijerat dengan Pasal pidana 363 KUHP :" Barang siapa yang mengambil sesuatu barang seluruhnya atau sebagian kepunyaan oranglain dengan maksud untuk dikuasai secara melawan hukum dilakukan dua orang atau lebih dapat diancam pidana kurungan penjara selama 7 tahun. Pungkasnya ***Fr

 media-sindo.com - Indramayu Sekretariat Bersama Forum Wartawan Indramayu (Sekber FWI) menggelar Tsakuran dan do'a bersama dalam memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-3.

Acara yang digelar di Graha Pers Indramayu (GPI) lantai 2, Sindang, Indramayu, pada Senin (25/12/2023) malam ini mengambil tema "Mewujudkan Rasa Cinta Kasih Bersama Anak Yatim Piatu".

Acara yang dihadiri oleh puluhan jurnalis dari berbagai media di Indramayu ini berlangsung khidmat. Seuasi doa bersama, dilakukan pemotongan tumpeng sebagai oleh Ketua Umum Sekber FWI, Kacim.

Dalam sambutannya, Kacim berterima kasih kepada semua pihak yang hadir pada malam syukuran tersebut. Ia juga menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT atas segala kelancaran yang telah dikaruniakan kepada organisasi wartawan ini.

"Tidak terasa sudah tiga tahun Sekber FWI telah ikut mewarnai dunia media, khususnya di Indramayu," ungkap Kacim.

Ia berharap kedepan Sekber FWI bersama jurnalis yang bergabung didalamnya bisa berkontribusi lebih banyak, lebih berkualitas, dan lebih bermanfaat dalam dunia pemberitaan, khususnya di Indramayu.

Di usianya yang masih belia, tambah Kacim, Sekber FWI diharapkan bisa semakin terus bertumbuh menjadi organisasi profesi jurnalis yang bisa bermanfaat, terutama untuk anggotanya.

"Dengan berbagai keterbatasan yang ada, semoga Sekber FWI semakin maju, sukses, dan terus bertumbuh menjadi besar," pungkas Kacim.

Acara syukuran ini dihadiri juga oleh pengurus dari organisasi profesi jurnalis lain, seperti PJI, HIPSI, AJII, dan PWRI Jaya.

Sebelumnya, telah dilangsungkan kegiatan bakti sosial dengan membagikan bingkisan berupa perlengkapan sekolah bagi siswa-siswi yatim-piatu di SDN 1 Sliyeg Lor, Desa Sliyeg Lor, Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu.*Asmawi

 

Page 1 of 39