You are here: HomeNasionalRSPBL latih Ojol Basic Pertolongan Gawat Darurat

RSPBL latih Ojol Basic Pertolongan Gawat Darurat

Published in Nasional
Written by  22 October 2022

media-sindo.com

INDRAMAYU Rumah Sakit Pertamina Balongan (RSPBL) memberikan pelatihan kepada 20 pengemudi Ojek Online (Ojol) tentang basic pertolongan pertama (First Aid) pada keadaan darurat. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat RSPBL, Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu, Jumat 21 Oktober 2022.
Selain pengemudi ojek online, 4 orang driver PT Kilang Pertamina Internasional RU 6 Balongan juga turut serta dalam pelatihan ini, sehingga total peserta pelatihan berjumlah 24 orang.
Wakil Direktur RSPBL dr Sapta Yudha Oka menyampaikan, keahlian First Aid sangat dibutuhkan oleh banyak khalangan, sebab sering sekali dijumpai kasus-kasus keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan pertama dengan tindakan yang cepat dan tepat, seperti pada kasus kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, kondisi darurat akibat penyakit tertentu, hingga kasus tersedak makanan yang membuat seseorang kehilangan kesadaran atau luka-luka.
“Semoga melalui pelatihan first aid ini, para mitra ojek online dan driver di RU 6 memiliki pemahaman dan kemampuan dalam mengambil tindakan secara tepat dalam memberikan pertolongan pada kasus-kasus tersebut”, ungkap dr Sapta.
dr Sapta menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) RSPBL sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pertamedika IHC ke-25. Dikatakannya, RSPBL saat ini juga telah menerima pasien umum dan pasien BPJS sehingga masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan bisa berobat ke RSPBL, namun untuk pasien BPJS harus disertakan rujukan dari Fasilitas Kesehatan tingkat pertama seperti prosedur BPJS pada umumnya.
Pada kesempatan tersebut, Agus Sulistiono, mewakili pengemudi ojek online mengatakan pelatihan first aid atau pertolongan pertama pada kondisi darurat ini sangat penting karena tidak jarang saat ia dan rekannya di jalanan menjumpai sebuah insiden namun bingung bagaimana cara memberikan pertolongannya.
“Ya Alhamdulillah sekarang kita sudah tau penanganan dasarnya, jadi gak cuma liat-liat aja tapi bisa bantu juga yang benar”, kata Agus.
Kegiatan yang berlangsung setengah hari tersebut, seluruh peserta pelatihan diberikan pemahaman tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada pasien atau korban henti jantung atau henti nafas dengan melakukan Resusitasi Jantung Paru atau pompa jantung, serta latihan teknik dalam melakukan balut luka.*adynata

stop illegal logging

Berita Terpopuler

ATLET HOKI  SUKABUMI SUMBANG MENDALI UNTUK JABAR

ATLET HOKI SUKABUMI SUMBANG MENDALI UNTUK JABAR

20 October 2021

Sukabumi, media-sindo.com - Wald...

RSPBL  latih  Ojol Basic Pertolongan Gawat Darurat

RSPBL latih Ojol Basic Pertolongan Gawat Darurat

22 October 2022

media-sindo.com INDRAMAYU Rumah ...

LPOI Gelar Refleksi Akhir Tahun 2022

LPOI Gelar Refleksi Akhir Tahun 2022

31 December 2022

Jakarta, media-sindo.com. - Sebaga...

Ady Setiawan Resmi Jadi Ketum Askab PSSI Indramayu

Ady Setiawan Resmi Jadi Ketum Askab PSSI Indramayu

29 May 2022

Media-sindo.com –INDRAM...

Testing

13 June 2023

Testing

Ribuan Pendekar Kesti TTKKDH   Ikuti Festival Keceran Tjimande di GBK,

Ribuan Pendekar Kesti TTKKDH Ikuti Festival Keceran Tjimande di GBK,

05 October 2022

Media-Sindo.com Pandeglang. Bant...

OCB Masjid Kuna Bondan di pugar Tim Arkeologi

OCB Masjid Kuna Bondan di pugar Tim Arkeologi

09 August 2023

media-sindo.com -Indramayu Tim Ar...

Berita Kehilangan serifikat tanah

Berita Kehilangan serifikat tanah

16 February 2021

save earth