You are here: HomeItems filtered by date: Thursday, 03 June 2021
Items filtered by date: Thursday, 03 June 2021

Jakarta Media-sindo.com
Anggota DPR RI Obon Tabroni meminta agar aparat penegak hukum tidak terlalu gampang memproses pengaduan pidana yang dilakukan pengusaha terhadap buruh.

Pernyataan ini disampaikan Obon, karena ia merasa prihatin dengan banyaknya buruh yang diajukan ke pengadilan atas pengaduan dari pihak pengusaha. Sebut saja buruh perkebunan di Sumatera Utara, aktivis buruh di Padang Lawas, buruh sebuah bank di Jawa Timur, dan yang saat ini ramai diberitakan adalah buruh PT Indomarco Prismatama di Jakarta.

"Seharusnya aparat hukum mengupayakan agar konflik perburuhan diselesaikan secara kekeluargaan tanpa harus dibawa ke pengadilan," kata Obon Tabroni.

Obon menilai, saat ini ada kecenderungan pihak pengusaha melaporkan buruhnya ke pengusaha untuk menakut-nakuti dan menghentikan aksi protes buruh. Tetapi ironisnya, akar permasalahannya sendiri tidak pernah disentuh.

"Akar masalahnya adalah banyaknya pelanggaran hak-hak buruh. Tetapi ketika buruh melakukan protes dan menuntut haknya, kemudian buruh melakukan sedikit kesalahan langsung diproses hukum," ujar Obon.

"Padahal protes itu terjadi akibat tindakan pengusaha yang tidak taat aturan," tegasnya.

Sebagai wakil rakyat, lanjutnya, dirinya banyak mendapat keluhan dari kalangan buruh yang menyampaikan bahwa penegakan hukum perburuhan seperti tajam ke bawah tetapi tumpul ke atas.

"Ketika buruh mengadukan pelanggaran normatif yang dilakukan pengusaha terkesan diabaikan. Tetapi giliran pengusaha yang mengadukan buruhnya langsung diproses," tegasnya.

Padahal jika penegakan hukum dilakukan secara tegas kepada pengusaha yang melanggar aturan, maka dengan sendirinya konflik antara buruh dan pengusaha akan berkurang.

Published in Politik & Hukum

Media-Sindo.com BEKASI –
Polsek Cikarang Pusat bersama Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya berkomitmen untuk terus memutus mata rantai pandemik Covid-19 yang masih ada. Edukasi dan Test Swab Antigen secara gratis setiap hari digelar, termasuk bagi pedagang di lingkungan Pasar Tegal Danas, Rabu (02/06/2021).

Kapolsek Cikarang pusat Akp Zaini Abdilah Zainuri S.Kom,SIK didampingi tim Urkes Brimob Yon D PMJ Pimpinan Iptu Sugito dan tim Kesehatan Puskesmas Cikarang Pusat Pimpinan dr. Ersa mengatakan Test Swab Antigen yang digelar dari pagi hingga siang hari dilaksanakan kepada 50 pedagang di Pasar Tegal Danas.

"Alhandulillah setelah dilakukan swab, hasilnya semua negatif," kata Kapolsek.

Selain melakukan test Swab kepada pedagang, pihaknya melakukan edukasi guna memutus rantai pandemik Covid-19.

"Kita ingatkan semua warga pedagang dan pengunjung agar mencegah Covid-19 dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan ketika beraktivitas,” ungkap Kapolsek.

Diingatkannya, agar masyarakat pun mengurangi aktivitas di pasar. Bila tidak perlu sekali dan sangat mendesak lebih baik untuk beraktivitas di rumah saja.

tim yang diturunkan 

 

Dalam pantauan media, pada saat diadakan edukasi, pedagang yang ditemui tidak menggunakan masker, langsung diberikan edukasi dan diberikan masker oleh petugas.

“Kami ingatkan agar selalu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak social distancing. Bagi yang terlupa membawa masker, akan diberikan untuk digunakan,” sambung Iptu Sugito.

Dalam pelaksanaan swab, tampak hadir Bhabinkamtibmas dan Babinsa TNI AD, diantaranya Bripka Endang, Bripka Ade Rusmadi, Bripka Nurfriyono, Brigadir Eka Agung, Sertu Samlawi dan Serda I Made Ngurah. *

Published in Politik & Hukum