You are here: HomeItems filtered by date: Monday, 12 August 2019
Items filtered by date: Monday, 12 August 2019
Monday, 12 August 2019 19:03

Vila Griyeu Qurban 23.Ekor kerbau

Sindo Pandeglang
Di hari Qurban idul adha. Vila griyeu .nyimas memotong Qurban 23 Ekor kerbau. Untuk di bagikan.ke Masyarakat desa tanjung jaya sobang citerep tuturnya. Dan di vila nyimas juga membuka program perajin ibu ibu membuat makanan ringan seperti emping rangginang keripik dan makanan makanan yang. Lain nya. Vila nyimas. Tanjung lesung Mempasliitasi. Kunjungan para pariwisata. Dari kota dan dari beberapa. Daerah. Seperti.  dari pulau jawa.  vila nyimas Qurban 23 ekor kerbau itu.rutin Setiap. Tahun. Labaran Qurban. Dan pemotongan hewan Qurban itu mencapai '+3. / sampai tiga. Hari pemotongan Hewan Qurban tersebut dari beberapa yayasan dan. Dari beberapa pondok pesantren. Dri orang orang yang sudi kepada pengelola  Vila nyimas. Yang. Ada. Di. Daerah. Wisata. Tanjung lesung Desa. Tanjung jaya Kec. Panimbang pungkasnya * FERRY

Published in Pendidikan
Monday, 12 August 2019 18:57

KKN Mahasiswa .STKIP Babunnajah

media-Sindo. Pandeglang

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 6 STAI dan STKIP Babunnajah tahun 2019 bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Cigandeng dan Peternak untuk mengembangkan potensi pembuatan fermentasi pakan ternak. Kambing Melalui program inovasi, Warga Desa Cigandeng akan mengelola fermentasi pakan ternak kambing sebagai upaya dalam peningkatan kualitas 1 pakan ternak kambing ini adalah adanya penghancuran bahan bahan makanan ternak sehingga lebih mudah diproses dalam pencernaan hewan ternak sehingga hewan tidak perlu mengeluarkan energi lebih untuk memprosesnya. Selain itu melalui fermentasi kualitas pakan ternak dapat meningkat karena nutrisi pakan tetap terjaga meskipun tumbuhan yang digunakan sudah tidak segar. Hal ini dikarenakan daya simpan pakan ternak yang telah difermentasi mencapai kurang lebih dua tahun.
Kepala Desa Cigandeng, S u k m a memaparkan pihaknya bersama perangkat RT 08 .akan berkomitmen untuk mengembangkan dan memfasilitasi terhadap kegiatan kelompok pembuatan pakan ternak fermentasi di Desa Cigandeng. Adapun bahan dasar pembuatan fermentasi pakan ternak yaitu dari jerami. Hal ini tentu dilatar belakangi oleh kegiatan kelompok masyarakat petani sebagain besar pada sektor pertanian. Sehingga diharapkan dengan adanya inovasi fermentasi tidak hanya meningkatkan kualitas peternakan melainkan mampu mermpreduksi limbah dari. Tanaman padi pertanian menjadi bahan dasar yang lebih bermanfaat.
Ketua KKN, I k m a l. mengatakan
"Dengan inovasi Ini, diharapkan hewan ternak kambing memiliki kualitas yang lebih baik, serta tidak perlu lagi kesulitan dalam mencari pakan ternak terutama saat musim kemarau," ujarnya.
Proses pembuatan pakan ternak ini juga terbilang mudah, bahan yang digunakan selain jerami .jagung yaitu dedak, EM4, molases, garam, dan air. Pembuatan dilakukan dengan pemotongan jerami yang dicampurakan dengan larutan campuran EM4, molases dan air serta ditaburkan dedak dan garam yang kemudian diaduk merata. Selanjutnya diletakan kedalam ember/tong tertutup rapat agar tidak kena udara dan disusun secara tungu sampai 7 hari itu lah .proses pembuatan. Pakan kambing. Pungkasnya. ***FERRY

Published in Pendidikan